Jumat, 15 Januari 2016

10 game PS2 terbaik menurut saya

Saat membersihkan mantan PS2 saya itu, saya kembali ingat dengan game-game lawas yang pernah saya mainkan. Diiringi lagu "Kemesraan ini" membuat suasana larut dalam melancolististik (entah sejak kapan istilah ini ditemukan). Setiap jengkal memori tergali. Beberapa saat, berbagai game terlintas di ingatan. Sampai akhirnya semakin kuat mengusik. Dan hasratpun membuncah (<-- kalo' kalimat yang ini sering  saya temui di cerita-cerita dewasa). Akhirnya, muncullah tulisan ini.
Setelah ini saya akan menggunakan kata Kami, karena Pemeringkatan yang berikut dipaparkan adalah hasil diskusi alot dengan seorang kolega yang (sebut saja)bernama Montblanc. Kami sepakat, beberapa Pemeringkatan yang dibuat situs-situs game dan majalah tidak representatif dengan pemikiran kami. Jadi kami merasa perlu untuk membuat Pemeringkatan sendiri, lengkap dengan ulasan dan penilaian. Hey, ingat, kami gamer sejati lho. Jadi meskipun sama-sama tidak representatif, kami tetap berhak memberi penilaian.
Sebagai tambahan informasi, saya akan paparkan dulu kiprah Kami dalam dunia Game. Montblanc lahir di Solo, 1989. Pertama kali main game saat berusia 4 tahun. Game pertamanya tetris. Saat NES (Nitendo Intertainment System) masih jarang dimainkan di Indonesia, dia sudah memilikinya. Montblanc berkali-kali juara turnamen PES.Montblanc pernah memainkan hampir seluruh game Arcade, NES, Sega, PSOne, PS2, PS3, XBox, dll.
Saya pun begitu. Hampir setiap game keluaran baru (hingga era PS2 berakhir) saya selalu mainkan. Mmmm, saya lupa mengatakan, Kami hanya membuat pemeringkatan game sampai PS2. Jadi game-game mutakhir dari konsol XBox 360 atau PS3 tidak akan Anda temui disini. Alasannya, konsol mutakhir masih berkembang dengan game-gamenya yang terus beregenerasi. 
Baiklah,tanpa berpanjang lebar lagi, kami mulai dari yang peringkat buncit.
10. Shadow of the Colossus (PS2)
Dari Platform Game Konsol (PS2), game ini juga jadi favorit banyak Gamer. Di game ini Anda akan menghadapi sejumlah monster besar yang membuat karakter utama Anda terlihat seperti seekor kutu. Kekuatan game ini ada pada grafis dan gameplaynya yang sederhana. Memanjat rambut si monster menjadi sensasi yang menarik dalam memainkan game ini. Memainkannya berulang-ulang tidak membuat Anda bosan.

9. Super Mario (NES)

Game klasik yang sangat populer. Mario Bros merajai pasar game pada masanya. Beberapa game klasik macam Sonic, Zelda atau Tetris juga punya penggemar fanatiknya sendiri.Tapi kami hanya mengingat game Super Mario sebagai yang terbaik diantara mereka. Saya masih ingat bagaimana setiap hari saya bersama Montblancmemainkannya. Gameplaynya yang sangat menarik menjadi daya tarik yang bisa membuat Anda betah memainkannya. Berbalut desain 2D yang halus dan menarik, Game ini menjadi sulit untuk dilupakan. Anda tidak akan berhenti memainkannya hingga menemukan seluruh secret treasurenya.
8. Resident Evil 4 (PS2)
Saya sudah katakan kalau ini subyektif. Umumnya Gamer akan menaruh RE4 di papan atas Game Terfavorit. IGN.com memberi gelar 5 besar(Game Terbaik Sepanjang Masa) untuk game yang satu ini. Game ini memadukan tipe First Person Shot dan Sandbox dengan sangat baik. Kualitas grafisnya, meskipun bukan yang terbaik, tetap bisa dinikmati. Membunuh zombie jadi hal yang menarik dilakukan di game ini. Apalagi jika Anda menggunakan senjata "Sniper" untuk menghancurkan kepala si zombie.

7. Persona 3 (PS2)
 Juga disebut Shin Megami Tensei: Persona 3. Muncul di akhir masa keemasan PS2, game ini seolah menjadi angin segar kala itu. Gameplay utamanya biasa saja. Bagi kami gameplay untuk game tipe RPG selalu tidak menarik untuk dimainkan. Namun, storylinedan side questnya sangat menarik untuk dimainkan. Disini Anda dituntut untuk menjadi teman yang baik. Anda akan mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler seperti kelas sepakbola, musik, dll. Anda juga wajib menjawab pertanyaan-pertanyaan di bangku sekolah dengan baik. Semuanya untuk meningkatkan kemampuan persona karakter Anda. 
Deretan makhluk mitologi dengan berbagai bentuk akan Anda temui disini. Ini yang memicu rasa penasaran Anda. Disini thor, nandi, sarasvati, samsara, dan berbagai makhluk lain dibalut dengan kostum yang tidak lazim Anda lihat.

6. Residen Evil 3: Nemesis (Playstation)
Jelas dilihat dari waktu kemunculannya RE3 tebilang lebih jadul dari RE4. Grafisnya pun terbilang kalah mentereng. Namun Anda perlu pertimbangkan ini; saat RE3 muncul, tidak ada satu game pun yang bisa menandinginya. Kemunculan RE3  menjadi fenomenal. Kami masih ingat, waktu itu beberapa serial televisi (seperti Jin dan Jun) dalam salah satu serinya membahas mengenai betapa boomingnya game ini. Zombie pun mulai dikenal lebih luas berkat game ini. Bicara soal daya tarik, game ini memiliki kontrol yang menawan. Meski, dengan tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi, game ini tetap menarik dimainkan. Membantai berbagai monster menjadi tambah menarik dengan berbagai jenis senjata yang mudah dikontrol. Setting cerita juga terbilang jempolan. Storylinenya memang singkat, tapi menarik disimak. Beragam keunggulan lain yang membuatnya lebih baik dibanding RE4 masih bisa kami paparkan. Tapi, sebaiknya Anda coba sendiri.

5. Black (PS2)
Diantara banyak game Firs Person Shoot, inilah yang terbaik(setidaknya menurut kami). Grafisnya menawan. Reruntuhan gedung jadi hal yang biasa Anda lihat di game ini. Berbagai ledakan akan terjadi saat Anda menembakkan misil Anda ke tempat-tempat rawan ledak. Semuanya dikemas dengan apik. 
Latar belakang peperangan dan berbagai aksi diolah dengan ngeri-ngeri sedap.  Anda akan berperan sebagai Sersan Kelas 1 yang memimpin dalam Operasi Gelap di berbagai tempat di Uni Soviet. Ada nilai plus jika Anda membunuh mush dengan cara diam-diam. Mengendap-endap dan membunuhnya satu per-satu akan membuat permainan Anda lebih mudah. 

4. Kingdom Heart 2 Final Mix+ (PS2)
Kami terobsesi untuk meningkatkan level karakter pada permainan ini. Setiap tingkatan level akan membuat karakternya bertambah lincah. Bisa jadi inilah Game dengan handled terbaik. Meskipun terbilang sulit saat menghadapi beberapa secret bossseperti Xehanort dan Sephirot, permainanya tetap menarik hingga "tetes terakhir". Mengayunkan double bladenya sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda tau berbagai combonya.
Karakter-karakter Square enix (FF) dan Walt Disney (Donald Duck, Goofy) menjadi daya tarik tersendiri. Konsep villain-(karakter antagonis)-nya yang paling Kami suka. Sang Villain, Organisation Thirteen mirip dengan akatsuki di Komik Naruto, yaitu terdiri dari kumpulan karakter kuat. Lagi-lagi kami harus menyebut, grafisnya sangat menawan.
3. Final Fantasy XII (PS2)


Kami setuju, serial Final Fantasy adalah sekumpulan RPG yang paling menarik di dunia. Final Fantasy (yang kami singkat FF) selalu mengguncang dengan game-gamenya yang menawan. Berbagai cerita yang tersaji dikemas dengan serius. FFVII juga terkenal sangat melegenda dengan kejutan ceritanya. Bayangkan, karakter utama bisa mati. 
Beberapa seri FF memunculkan ending cerita yang dramatis (Montblanc katanya sempat menitikkan air mata saat menyimak ending FF9 -eh, ini beneran). Nah, kali ini Kami lebih selektif. Karena terlalu banyak yang bagus, kami pilih FFXII yang terbaik diantara mereka. Keunggulan FFXII adalah pada gameplaynya yang tidak pakem. Sistem battlenya kami suka. Tidak perlu menunggu lama, pertarungan dapat dilakukan dengan cepat. Ini meminimalisir kebosanan saat memainkan RPG. Akhirnya kita bisa menikmati cerita dengan nikmat (hmmm, sepertinya ada yang salah dengan diksinya). 
Nilai plus lain dari FFXII adalah pada desain karakter dan sidequestnya. Kami suka dengan villain bernama Yiazmat. Kami pernah bertemu dengan Yiazmat dan butuh waktu 4 jam untuk mengalahkan monster ini !!. Versi beberapa situs gamers, ini adalah salah satu boss battle paling sulit sepanjang masa. 
Yiazmat
Montblanc juga suka dengan karakter Montblanc (hmmm, jadi agak janggal menulisnya). Montblanc adalah pemimpin tertinggi Klan Centurio yang memberikan anda banyak sidequest berupa monster untuk diburu. Ini gambarnya=
Montblanc
Bentuknya kecil, mirip moogle, tapi jangan tanya, posisinya dalam klan centurio sangat disegani. 



2. Harvest Moon: Back To Nature (Playstation)



Angon sapi, ayam, bertani, menikah, nongkrong-nongkrong, beribadah, memancing bisa dimainkan dalam dunia virtual. Inilah game yang menolak kekerasan. Anda bebas untuk menjadi apapun disini. Setiap perbuatan yang Anda lakukan selalu memiliki imbas yang berbeda. Misalnya jika Anda membuang sampah sembarangan, atau tidak pernah berkumpul dengan tetangga Anda, Anda akan dikucilkan. Begitu pula sebaliknya. Itulah yang membuat game ini menjadi sangat menarik.
Dulu, waktu Kami masih SMP, game ini hampir selalu Kami temui di seluruh rental Playstation. Dulu saya hampir tidak mengerti, kenapa seseorang rela menghabiskan waktu untuk angon sapi di dunia maya. Bukankah akan lebih menghasilkan jika angonsapi sungguhan. Setidaknya Anda bisa menghasilkan uang untuk membeli PS baru dan memainkan game Winning Eleven. Tapi (ada tapi-nya), setelah Kami coba memainkan, . . . . -_- saya tidak tega mengucapkannya.

1. God of War 2 (PS2)

Inilah yang terbaik. God of War 2 adalah perpaduan Gameplay, Grafis, Storyline, Desain Karakter yang sangat uyee. Mengayunkan berbagai senjata, memotong kepala griffin, merobek perut ogre, membanting minotaour selalu menarik untuk dilakukan. Di salah satu bagian cerita, Anda akan berayun di tiang-tiang sebelum itu runtuh dan jatuh ke jurang. Anda akan mengucapkan "wow" berkali-kali. 
Disini Anda akan menjadi karakter antagonis!. Kratos adalah salah satu anak Zeus yang pembangkang. Keinginannya yang kuat untuk memenangkan perang membuatnya terlibat pertempuran dengan dewa perang bernama Ares. Petualangannya berlanjut sampai keinginannya membunuh Zeus.
GoW menarik dengan desain karakter mitologis Yunani. Setting cerita juga tidak kalah mentereng. Kami berpendapat inilah game yang akan selalu menjadi legenda nomor satu didunia (tenane bro?).

sumber: http://jafar-assegaf.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar